Tuesday, April 30, 2013

Tracking Taman Nasional Meru Betiri - Jawa Timur




      




     Taman Nasional Meru Betiri itu terletak di regional jawa Timur, tepatnya pada lintang geografis 8°21’ - 8°34’ LS, 113°37’ - 113°58’ BT. dengan ketinggian 900-1.223 mdpl dengan curah hujan sampai 2.300 mm/tahun, wah... hebatkan? selain itu taman nasional ini diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1982 tentunya oleh kementrian oertanian dengan luas wilayah sekitar 58.000 ha. asal mula nama taman nasional ini diambil dari gunung tertinggi pada kawasan ini yaitu gunung Meru Betiri dengan memiliki tinggi 1.223 m, maka secara geografis Taman nasional ini terletak antara kabupaten Jember dan Banyuwangi loh.. ya tentunya di Provinsi Jawa Timur.
Perjalanan kesana sangat lumayan memakan waktu yang lama, karena merupakan daerah terpencil, namun dibalik itu semua ada panorama keindahan yang tersimpan. selain itu memerlukan tenaga dan kesabaran yah...... yang sangat lumayan.
pertama medannya sungguh sulit dijangkau karena kamu harus melewati beberapa kota, perjalanan kesana bisa melewati kota-kota kecil yang tak kalah indahnya, kamu bisa melewati jogja, malang, kebumen, surabaya bahkan banyak lagi. butuh ekstra perjuangan loh untuk sampai disana. 

tepatnya tanggal 20 april 2013 saya mengikuti PKL Raya geografi dari Universitas saya, nah tanpa emblem Geografi mungkin saya hanya diam duduk manis dirumah, tidak banyak tahu soal panorama indah dan petualanga dahsyat ini, sehingga saya bisa tahu Taman Nasional ini karena saya bagian dari pada Geografer muda.

perjalanannya sungguh jauh kurang lebih 2hari 1 malam, menjelajahi beberapa kota, lalu sampailah di kabupaten Banyuwangi yang sangat asri nan indah, dari sana melanjutkan perjalanan lagi menggunakan mobil angkutan ya sebut saja 'truck' itu salah satu kendaraan yang dapat digunakan, dengan truk itulah menyusuri jalan setapak yang menanjak, terjal dan berliku, dipinggir terdapat beebrapa jurang yang lumayan sangat curam dengan ketinggian yang luar biasa, sebelum memasuki taman nasional tersebut kita melewati beberapa desa kecil dengan penduduk yang sedikit namun dijalan terdapat vegetasi pohon cokelat yang lebat dengan buahnya, lalu kopi, dan tumbuhan hutan lainnya.

tentu saja perjalanan itu sangat menyenangkan selain lelah capek dan pegal kamu terus berdiri didalam truk namun bisa melihat keindahan diluar sana sebagian pepohonan tertata rapi, rindang dan sejuk, setelah melalui perjalanan 2 jam sampailah pada satu desa yaitu Desa Sukamade disana terdapat resort atau penginapan, dan ada penangkaran penyu juga, dan di bawah kaki bukitnya juga terdapat desa kecil lainnya...

terdapat beberapa tebing diperjalanan kita dapat melihat pemandanga dengan pesona yang indah yaitu teluk hijau, gambarnya seperti berikut :


  nah disepanjang perjalanan dapat melihat pemandangan demikian yang mebuat kamu takjub dan terpesona. ya secara kalo liat langsung pasti seru. selain itu di Desa Sukamade tersebut terdapat pantai yang tak kalah indahnya, suasananya sangat sepi dan belum terkontaminasi dengan banyak penduduk karena disana penduduknya sedikit. terdapat batuan yang tersingkap dan terdapat tebing juga disana.


                             (pantai Bande alit dengan sejuta pesona)

(batuan yang teroksidasi yang terdapat ditepi pantai)
(terdapat tebing dipinggir pantai yang menjulang terbentu akibat proses sedimentasi dan teroksidasi)



foto kelompok saat menikmati keindahan pantai  




disana kami semua dapat melihat keaneka ragaman pepohonan dan vegetasi tanaman lainnya, dan dipantai kita bisa melepaskan tukik, yang disediakan oleh penangkaran penyu, dipantai sangat masih terjaga keasriannya, sejuk damai dan indah dipandang.
beebrapa hari tinggal disana membuat kami para geograf muda rindu akan kealamian daerah sana dan tentunya merasakan ingin menjaga kekayaan yang sudah ada disana. pengalaman yang sangat baik dan takkan terlupakan tentunya.
saya beserta rekan geograf :) hihi





No comments:

Post a Comment